Ladang Cinta

Pesan dari Seberang Lautan

Sewot Oktober 23, 2007

Filed under: Menerung — Mr. Acim @ 3:27 am

Aku tidak pernah menyangka engkau begitu sewot dengan pertanyaan-pertanyaanku. Ya…Minggu pagi itu aku kirimkan sebuah SMS tentang kegiatanmu. Kau jawab sudah berada di Hotel Atlet Century Park mendengarkan aneka ceramah. Kita lantas berbalas pesan. Tak ada hal aneh sampai aku rasakan ada emosi memendam dalam pesan-pesanmu. Engkau seperti tak terima waktu kutanya misi khusus yang kau emban di sana. Ah..kita malah berdebat tentang siapa yang keliru menafsirkan kata-kata. Aku memilih menahan diri. Mencoba mencari celah mengurai emosi yang terburai dari tiap huruf dalam pesan-pesanmu. Apalagi waktu kau mendebat tentang misi mencari beasiswa yang kusinggung.

”Mencari beasiswa tidak mungkin menjadi misi Pemprov DKI,” kira-kira begitu jawabmu waktu itu.

”Sekarang ini banyak lembaga yang lebih suka memberikan beasiswa tanpa melalui birokrasi. Mereka lebih suka langsung ke penerima,” balasku.

Engkau menjawab lagi. Kali ini suhumu lebih tinggi dari sebelumnya.

”Kalaupun diterima langsung, waktu mau berangkat tetap saja lewat birokrasi,” demikian pesan singkatmu. Kali ini engkau keluar dari rel rasionalmu, Mit. Aku memilih berhenti. Tak ada guna berdebat bila esensi pembicaraan kita melenceng dari topik.

Hari itu aku masih di atas bus AKDP menuju Semarang dari Banjarnegara. Aku tak pernah mengira obrolan kita menjadi panas membara. Beberapa kali aku tanyakan, apakah engkau sewot dengan pertanyaan-pertanyaanku. Seperti biasa, tak ada jawaban pasti. Diam adalah senjatamu. Hari itu aku tahu, rasio yang pernah kau rujuk sebagai mekanisme pertahanan diri – seperti yang pernah kau tulis dalam blog – tak lagi kau andalkan. Kau sedang berubah, Mit.

 

Tinggalkan Balasan

