Ladang Cinta

Pesan dari Seberang Lautan

Hutang itu Oktober 23, 2007

Filed under: Menerung — Mr. Acim @ 3:26 am

Aku pernah terlilit hutang beberapa belas juta tempo hari. Meskipun kini semuanya sudah lunas, merasakan terjepit hutang adalah pengalaman tak menyenangkan. Itu pula mengapa aku lebih suka mengikhlaskan sebuah hutang daripada menagihnya sekiranya pengutang tak memiliki kemampuan atau tak kuasa membayarnya.

Saat ini pun aku punya hutang kepadamu. Jumlahnya memang tak seberapa. Sekitar Rp 20 ribu. Engkau ingat kan sewaktu kita makan di kafe Jepang di Plaza Semanggi sebelum kau bertolak ke Australia? Jumlah itu adalah separuh dari harga makanan yang kita habiskan. Saat itu, tidak biasanya kita tak sepakat siapa yang akan membayar biaya makan kita. Tak ada kesepakatan apakah aku yang mentraktir kamu, atau sebaliknya. Seperti itulah lazimnya kalau kita menghabiskan waktu makan berdua. Kau tahu, kita terlalu asyik mengobrol tentang banyak hal. Mulai dari kegiatan yang bakal kau lakukan di Australia, di NTT, ngomongin Law of Attraction, hingga obrolan kita di atas bus kota. Bahkan hingga kita menghabiskan waktu belanja keperluanmu sebelum berangkat, kita tak lagi sempat membahasnya.

Aku ingin kau ingat itu Mit. Bila saatnya tiba nanti kau pulang ke tanah air, jangan kau tolak hutang yang aku bayarkan itu. Aku ingin kau terima. Barangkali kau tak menganggapnya begitu berharga, tapi bagiku ada perasaan bersalah bila tak memenuhi kewajiban ini. Hanya saja, bila sampai waktu nanti, hutang ini tak juga terbayarkan, jangan sungkan untuk mengingatkanku, Mit. Aku akan dengan senang hati menerima teguran darimu.

 

Tinggalkan Balasan

