Ladang Cinta

Pesan dari Seberang Lautan

Hakikat Hidup Oktober 23, 2007

Filed under: Menerung — Mr. Acim @ 3:33 am

Lebaran selalu meninggalkan kesan khusus. Kalau tahun lalu aku menghabiskan hari lebaran tidak di rumah karena tergerak untuk melihat dan meliput Sumanto-manusia kanibal dari Purbalingga-yang dibebaskan dari lembaga pemasyarakatan, tahun ini ada kesan lain yang tertinggal. Lebaran kali ini adalah lebaran yang benar-benar baru karena berlebaran bukan lagi menyandang gelar karyawan seperti sebelumnya. Aku lahir kembali sebagai orang yang berbeda. Aku menjadi orang yang lebih siap menghadapi hidup dan dinamika hidup. Aku menemukan makna dari “pencarian” dan “pertarungan” tentang pilihan-pilihan idealisme dan realita.

Aku juga ingat, Lebaran tahun lalu membawa kesan berbeda bagimu, Mit. Tahun lalu Lebaranmu lebih sepi karena tak ada kakak yang berkumpul bersama keluargamu. Tahun ini pasti juga lebih berasa beda bagimu, bukan begitu Mita? Aku tak bakal lupa, tahun lalu engkau menjadi pengisi pertama buku tamu dalam blog milikku. Kau masih memakai username Sun Yi waktu itu.

Karena banyak kesan-kesan yang berbeda dari tahun lalu, itulah mengapa aku begitu yakin akan banyak yang berubah saat kau kembali ke tanah air nanti. Aku akan melihatmu sebagai orang yang berbeda, yang tidak kukenal sebelumnya. Sekarang inipun aku sudah mendapatkan tanda-tanda itu.

Seperti engkau yang menemukan cahaya terang untuk menuju jalan yang kau tempuh, pun demikian aku. Pengalaman-pengalaman hidup, kegagalan-kegagalan, nasihat-nasihat, kekecewaan-kekecewaan dan kegembiraan-kegembiraan telah membuka mata hatiku tentang jalan hidup yang harus kutempuh. Hakikat hidup adalah meraih cinta Ilahi dan selebihnya hanyalah usaha-usaha untuk mendukungnya.

Aku tahu Mit, yang kau lakukan kini adalah usaha mencari jawaban dari kegelisahan yang kau rasakan. Seperti yang kau tulis di blogmu tentang keinginan untuk menambal “lubang-lubang” atau menjadi pendidik yang bisa memberi manfaat bagi kemajuan masyarakat. Di sinilah aku menemukan siapa dirimu sebenarnya, Mit. Dan aku gembira, engkau bukanlah orang egois yang cuma peduli pada dirimu sendiri. Engkau menemukan dirimu yang sebenarnya. Deep inside my heart, I fully support you.

 

Tinggalkan Balasan

