Ladang Cinta

Pesan dari Seberang Lautan

Lepas dari Bayang-bayang Oktober 7, 2007

Filed under: Doa — Mr. Acim @ 5:54 am

Jam setengah sepuluh malam, awal tahun ini, ponselku berdering. Aku tak pernah mengira bila pesan pendek itu datang darimu. Isinya datar, tapi menyiratkan kegamangan. “Gimana ya rasanya jauh dari rumah. Gw pengen lepas dari pengaruh orang rumah,” kira-kira begitu pesan yang kau kirim. Aku mencoba menelisik atas tanya yang kau kirim. Ada emosi di situ. Ada kekhawatiran. Ada pula kepercayaan. Ada keberanian untuk mengungkapkan isi hati dan perasaan. Atau kau cuma hendak menjawab kritik dalam testimoniku yang mengusik egomu?

“Ya senang, bebas, tapi kadang juga sedih,” balasku waktu itu. Engkau tak puas.

“Yang paling sedih kalau lagi sakit, karena ngerasa sendirian. Kadang juga sedih belum bisa bikin orang tua bahagia,” lanjutku.

Sapa balas pesan ini berlanjut. Namun engkau tak mau mengungkap sebenarnya hal apa yang mengganggu pikiranmu. “Ga ada apa-apa. Gw cuma ingin tahu aja rasanya lepas dari pengaruh orang tua,”katamu.

Beberapa hari lalu, aku berkunjung ke blog pribadimu. Blog yang lama tak kau rawat. Lama tak kau jamah. Ada ucapan pindah rumah di situ. Di bawah posting terakhir, aku terkejut. Ada nada bahagia dalam tulisanmu. Sejak lulus SMA gue ingin keluar dari rumah dan melanglang buana. Aku jadi teringat pesan pendekmu tempo hari. Engkau sudah menemukan jawaban itu. Engkau menemukan jalan menuju cita-citamu.

Hari-hari ini hingga lima bulan mendatang, adalah hari-harimu. Hari-hari engkau membuktikan kepada dunia tentang cita-cita dan ambisimu. Hari-hari saat kau bisa membalas episode-episode melelahkan nan panjang yang membosankan dari masa lalu. Hari-hari yang engkau idam-idamkan sejak SMA untuk berbicara kepada dunia. Untuk hidup dan berperan kepada bangsa. Untuk menutup lubang-lubang. Dan untuk lepas dari bayang-bayang.

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s